Laman

Sabtu, 29 Desember 2012

Kesimpulan Tugas Sistem Informasi Manajemen

1.    Sistem Informasi Manajemen
·         Pengertian
Sistem Informasi Manajemen merupakan serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh, terkoordinasi serta secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi melalui serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan.
·         Aspek Pada Sistem Informasi manajemen
a.       Proses Manajemen, seperti perencanaan strategis, pengelolaan fungsi sistem informasi, dan seterusnya.
b.      Proses Pengembangan, seperti manajemen proyek pengembangan sistem, dan seterusnya.
c.       Konsep Pengembangan, seperti konsep sosio-teknikal, konsep kualitas, dan seterusnya
d.      Representasi, seperti sistem basis data, pengkodean program, dan seterusnya.
e.       Sistem Aplikasi, seperti Knowledge Management, Executive System, dan seterusnya.
·         Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
a. Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen
b. Keberadaan alat untuk memecahkan persoalan

2.    E-Comemerce
·         Pengertian
E-Commerce  merupakan  prosedur  berdagang  atau  mekanisme  jual-beli  di  internet  dimana  pembeli  dan  penjual  dipertemukan  di  dunia maya.
·         Jenis-jenis E-Commerce
a.       Business to Business (B2B)
b.      Business to Consumer (B2C)
c.       Consumen to consumen(C2C)
d.      Comsumen to Business(C2B).
·         Perdagangan melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan melalui jaringan elektronik merupakan transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.
·         Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
·         Pertukaran data elektronik/ Electronic Data Interchange (EDI)
Pertukaran data elektronik merupakan suatu proses transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data yang ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.

3.    Modul Sistem Umum Perusahaan
·         Pengertian
Model sistem umum pada suatu perusahaan ialah dimana penyerdahanaan objek, yang terdiri dari berbagai jenis model yang digunakan oleh perusahaan beserta kegunaan model itu sendiri yang mempengaruhi juga di perusahaan agar mempermudah pengertian, komunikasi, dan memperkirakan masa depan.
·         Jenis-jenis model
a.       Model Fisik
b.      Model Naratif
c.       Model Grafik
d.      Model Matematika
·         Kegunaan Model
a.       Mempermudah Pengertian
b.      Mempermudah Komunikasi
c.       Memperkirakan Masa Depan
·         Model Sistem Umum
a.       Sistem Fisik
b.      Sistem Konseptual
·         Dimensi-dimensi Informasi
a.       Relevansi.
b.      Akurasi.
c.       Ketepatan waktu.
d.      Kelengkapan.
·         Penggunaan Model Sistem
a.       Pasar Swalayan
b.      Kantor pengacara

4.    Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah Dan Membuat Keputusan.
·         Jenis-jenis Masalah
a.       Masalah Terstruktur
b.      Masalah tak Terstruktur
c.       Masalah semi Terstruktur
·         Tahapan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Pendekatan.
a.       Usaha Persiapan
b.      Usaha Definisi
·         Faktor manusia Yang Mempengaruhu Pemecahan Masalah
a.       Penghindar masalah (Problem Avoider)
b.      Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)
c.       Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah ( Problem solver).

5.    Dasar-Dasar Pemrosesan Komputer
·         Pengertian
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
·         Arsitektur Komputer
a.       Peralatan Input
b.      Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
c.       Peralatan Output
·         Software (Perangkat Lunak)
a.       Perangkat Lunak Sistem
b.      Perangkat Lunak Aplikasi
c.       Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah.

6.    Database
Tujuan dari konsep database adalah meminimumkan pengulangan dan mencapai independansi data. Independansi data adalah kemampuan untuk membuat perubahan pada program yang memproses data. Independensi data juuga dicapai dengan menempatkan spesifikasi dalam table & kampus yang terpisah secara fisik dari program. Program mengacu pada table untuk mengakses Data.
Database dan DBMS memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Diantaranya keunggulan pada database dan DBMS adalah  Mengurangi pengulangan data, Mencapai independansi data,  Mengintegrasikan data dari beberapa file,dan lain-lain.sedangkan kelemahan dari database dan DBMS adalah perangkat lunak yang mahal,Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar dan harus Memperkerjakan dan mempertahankan staf DBA.
7.    Komunikasi Data
Komunikasi data adalah transmisi atau proses pengiriman dan penerimaan data dari dua atau lebih device(sumber),melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel koaksial, fiberoptic(seratoptic), microware dan sebagainya. Komunikasi data juga merupakan gabungan dari beberapa teknik pengolahan data. Dimana telekomunikasi yang dapat diartikan segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ketitiklain. Sedangkan pengolahan data adalah segala  kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan. Tujuan utama sebuah sistem komunikasi adalah pertukaran data antara dua entitas. merupakan sebuah contoh jaringan komunikasi data dimana terjadi komunikasi antara workstation dan server melalui sebuah jaringan telepon publik.

8.    Keamanan Dan Kontrol Sistem Informasi
Betapa pentingnya informasi dalam kehidupan manusia, sehingga informasi yang datang tidak boleh terlambat , tidak boleh bias(berat sebelah) harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan relevan dengan penggunanya,sehingga informasi tersebut menjadi informasi yang berkualitas dan berguna bagi pemakainya. Untuk mendapatkan informasi yang berkualitas perlu dibangun sebuah sistem informasi sebagai media pembangkitnya. Sistem informasi merupakan cara menghasilkan informasi yang berguna . informasi yang berguna akan mendukung sebuah keputusan bagi pemakainya.
Pendekatan sistem adalah suatu prosedur langkah demi langkah yang digunakan dalam memecahkan masalah. Tiap langkah mencakup satu keputusan atau lebih, dan untuk tiap keputusan diperlukan informasi.

9.    Siklus Hidup Sistem
System Life Cycle (SLC) adalah proses evolusi yang diikuti oleh pelaksanaan system informasi dasar-dasar atau subsistem. Telah ada pendekatan implementasi tradisional sepanjang era komputer, dan ada perjanjian umum antara ahli-ahli komputer sehubungan dengan tugas-tugas yang dilaksanakan. Adalah penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. Sering disebut sebagai pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan system.
Berbagai metodologi SLC telah dikembangkan untuk memandu proses yang terlibat termasuk model air terjun (asli metode SLC), pengembangan aplikasi cepat (RAD), pengembangan aplikasi bersama (JAD), maka air mancur model dan spiral model.Umumnya, beberapa model digabungkan ke dalam beberapa jenis hibrida metodologi. Dokumentasi sangat penting berapapun jenis model dipilih atau dibuat untuk setiap aplikasi, dan biasanya dilakukan bersamaan dengan proses pembangunan. Beberapa metode kerja lebih spesifik untuk jenis proyek, tetapi dalam analisis terakhir, faktor yang paling penting bagi keberhasilan suatu proyek dapat seberapa dekat rencana tertentu diikuti.

10.  Manajemen Sumber Informasi (IRM)
Informasi merupakan salah satu sumber utama dari perusahaan, dan ia dapat dikelola seperti halnya sumber-sumber lain. Informasi merupakan sumber konseptual yang mana menggambarkan sumber-sumber fisik yang harus dikelola oleh manajer. Jika skala operasinya terlalu besar untuk diobservasi, maka manajer dapat memonitor sumber-sumber fisik dengan mengunakan informasi yang menggambarkan atau mewakili sumber-sumber tersebut. Kritik terhadap pandangan IRM ini muncul. Alasannya adalah bahwa dengan pandangan seperti itu, maka pengukuran nilai informasi menjadi sulit. Dan adanya kenyataan bahwa informasi bersifat konseptual bukan fisik.
IRM (Information Resource Management) merupakan metodologi siklus hidup yang digunakan untuk menciptakan sistem yang menghasilkan informasi yang berkualitas.
Untuk menetapkan kebijaksanaan End User Computing yang memberikan fleksibitas kepada pemakai organisasi.untuk melakukan inovasi dalam pengunaan computer pedekataan atau cara top-down terhadap perencanaan dengan menyari bahwa langkah pertama adalah menentukan tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar