Dasar-Dasar
Pemrosesan Komputer
Pendahuluan
Komputer
adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan
bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah
sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk
melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi
ataupun program yang diberikan kepadanya.
Pembahasan
1.
Arsitektur
Komputer
·
Central Processing Unit (CPU)
mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.
·
Unit pengendalian (control unit)
membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
·
Misalnya prosesor dan arithmetic and
logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika
serta mengolah isi penyimpanan primer.
·
Penyimpanan sekunder menyediakan
tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
A. Peralatan Input
Keybord
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan
menekan tombol-tombol yang tepat seperti layaknya mesin tik manual yang lebih
lengkap.
Alat Penunjuk
·
Mouse, sebuah alat yang digunakan untuk
memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik bekerja dengan menangkap
gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih
modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal
untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
·
Trackball, perangkat yang sejenis dengan
mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan
menggelindingkan bolanya.
·
Touch screen, digunakan untuk memasukkan
data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan
jari atau objek tidak transparan lainnya.
·
Light pen, digunakan untuk menunjuk pada
layar.
·
Unit remote control
Alat Input
Otomatis Data Sumber
·
Alat Pembaca Optis, alat input
yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian
menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh :
Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark
Reader) .
·
Alat Pembaca Magnetis, alat
pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan
magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
B. Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan
Primer
Biasanya disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu
:
Penyimpanan
Sekunder
·
Pita Magnetik :
Reel Tape dan Tape Cartridge
·
Hard Disk :
Removable dan Non Removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik :
CD, DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
Bentuk
Penyimpanan Sekunder:
·
RAM (Random Access Memory).
Jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile)
karena data akan hilang jika listrik padam.
·
ROM (Read Only Memory).
Jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile
karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan
hilang.
·
Cache Memory.
Merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan
digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
C. Peralatan Output
Dibagi
menjadi dua, yaitu :
1.
Softcopy, terdiri dari dua jenis :
a.
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL,
Plasma)
b.
Audio
2.
Hardcopy, terdiri dari :
a.
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser,
Multifungsi
b.
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal,
Pemotong, Format Lebar
c.
Computer Output Microfilm (COM)
2. Software (Perangkat Lunak)
Software dibagi
menjadi dua, yaitu :
a.
Perangkat
Lunak Sistem
Perangkat lunak yang melaksanakan
tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak
sistem :
·
Sistem Operasi.
Berfungsi sebagai interface antara
pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras.
Contoh : Windows XP, DOS, UNIX.
Ada 6 fungsi dasar
sistem operasi:
1. Menjadwalkan
Tugas
2. Mengelola
sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga
keamanan system
4. Memungkinkan
pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani
Interrupt
6. Menyiapkan
catatan pemakaian
·
Program Utility.
Suatu routine yang
memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu
yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
·
Penerjemah Bahasa Komputer
a. Bahasa
Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
b. Bahasa
Generasi Kedua, Assembler
c. Bahasa
Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
d. Bahasa
Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai
menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
Di Bawah ini yang
termasuk kedalam generasi bahasa keempat:
1. Database
Query Language
2. Modelling
Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika.
Contoh : GPSS
3. Very
High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph
Generators : paket grafik
5. Report
Writer : COBOL, RPG
6. Aplication
Generators : program aplikasi pembayaran gaji
b.
Perangkat
Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
·
Paket Aplikasi Bisnis Umum
·
Paket Aplikasi Khusus Industri
·
Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas
Organisasi
·
Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
3.
Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software Dalam
Pemecahan Masalah.
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
Daftar pustaka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar