Laman

Sabtu, 14 Januari 2012

Pelajaran Manajemen Dari Garam


                        Pelajaran manajemen apakah yang bisa kita petik dari Garam ?

·         Garam mewejangkan kepada para pemimpin dan calon pemimpin untuk tidak hanya melibatkan akal, hati, nyali saja dalam memimpin. Sebaliknya, kepemimpinan yang unggul atau kepemimpinan menyeluruh harus melibatkan ketiganya.
·         Setiap komponen kepemimpinan menyeluruh memiliki karakter sebagai berikut:
a.       Karakter kepemimpinan kepala adalah berpikir ulang tentang cara menyelesaikan tugas; membuat ulang berbagai kerangka batasan; memahami kompleksitas dunia global; berpikir strategis tanpa kehilangan kemampuan melihat tujuan jangka pendek; mencari gagasan di dalam dan di luar perusahaan; dan mengembangkan sudut pandang.
b.      Karakter kepemimpinan emosi adalah menyeimbangkan kebutuhan bisnis dan manusia; menciptakan kepercayaan; mengembangkan simpati sejati di berbagai tempat kerja; menciptakan lingkungan yang membuat orang berkomitmen; dan memahami hambatan professional.
c.       Karakter kepemimpinan nyali adalah berani mengambil resiko dengan data yang tidak lengkap; menyeimbangkan risiko dan penghargaan; bertindak dengan integritas penuh di tengah kesulitan; terus-menerus mengupayakan apa yang diperlukan agar berhasil; terus berupaya menghadapi kesulitan; dan tidak takut membuat keputusan tegas.








Sumber : Buku "Nature Based Manajement"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar