Laman

Sabtu, 23 November 2013

Hambatan Aktif dan Contohnya

Hambatan aktif adalah hambatan yang diterima oleh sistem secara langsung. Sedikitnya ada enam contoh metode yang dapat dipakai oleh peretas umumnya. Metode ini adalah menipulasi input, gangguan program, gangguan berkas secara langsung, pencurian data, sabotase, dan penyalahgunaan sumber daya komputer.
a.       Manipulasi Input
Sebagian besar kasus penyalahgunaan komputer menggunakan manipulasi input. Metode ini membutuhkan sedikit kemampuan teknis saja sehingga orang yang menggunakan metode ini bisa saja tidak tahu bagaimana komputer beroperasi secara keseluruhan.
b.      Gangguan Program
Gangguan program mungkin sekarang ini salah satu metode yang paling sedikit. Dikarenakan untuk melakukannya dibutuhkan kemampuan pemrograman yang tidak semua orang dapat melakukannya. Di perusahaan besar terdapat metode pengujian program yang digunakan untuk mendeteksi program yang terinfeksi gangguan tersebut.
c.       Gangguan berkas secara langsung
Ada orang-orang yang melakukan jalan pintas terhadap proses normal untuk pemasukan data ke program-program komputer. Jika ini terjadi, maka akibatnya sangat merusak.
d.      Pencurian data
Pencurian data terhadap data-data penting merupakan masalah serius dari dahulu karena data-data tersebut bisa menggandung informasi yang membahayakan bila keluar. Dalam banyak industri yang sangat kompetitif, telah terjadi pencurian informasi kuantitatif maupun kualitatif mengenai pesaing.

Tiga kategori individu yang bisa menimbulkan serangan ke sistem informasi:
1.      Karyawan sistim informasi
2.      Para pemakai
3.      Pengganggu
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar