Laman

Sabtu, 04 Mei 2013

Tahapan Program PHP Yang Telah Menggunakan Database



Langkah awal yang harus dipastikan adalah aplikasi MySql dan PHP sudah diinstall di komputer. Pada Kesempatan kali ini saya menggunakan aplikasi XAMPP yang didalamnya sudah menyertakan installasi database MySQL dan apache web server. jika belum ada aplikasi ini bisa di download di link berikut .
 http://www.apachefriends.org/en/xampp.html . Untuk menuliskan kode program php nya bisa menggunakan notepad, dreamweafer atau lainnya. Nah Jika sudah selesai tahap selanjutnya adalah pembuatan databasenya, adapun langkahnya adalah sebagai berikut:
1.      Bukalah webbrowser ( internet explorer, mozilla, opera, dll) kemudian di address bar nya ketikkan localhost/phpmyadmin/

2.      klik database kemudian akan muncul colom untuk membuat database baru. ketik nama database yang akan anda buat misalkan disini saya akan membuat database belajarphp lalu klik create maka akan terbuat satu database yang bernama belajarphp.
3.      Sampai ditahap ini kita sudah berhasil membuat sebuah database. selanjutnya kita buat kode program untuk bisa meng konekkan antara php ke database yang telah kita buat tadi. adapun langkah langkahnya adalah:
a.       Buka notepad kemudian ketik kode program dibawah ini.

<?php
$hostname =’localhost’;
$username =’root’;
$password =’ ‘;
$dbname =’belajarphp’;
$koneksi= mysql_connect(“$hostname”, “$username”, “$password”)
$konek_db=mysql_select_db(“$dbname”, $koneksi)
if($koneksi)
{echo “koneksi sukses”;}
else
{echo”koneksi gagal”;}
if($konek_db)
{echo “koneksi ke database sukses”;}
else
{echo”koneksi ke database gagal”;}
?>
4.      Untuk penjelasan dari kode program diatas dapat dijelaskan sebagai berikut
a.       <?php ini merupakan pembuka untuk penulisan bahasa pemrograman php dan biasanya akan diahkiri oleh tanda ?> diakhir penulisan programnya.
b.      $hostname merupakan variabel yang akan digunakan untuk menyimpan nama host kita yaitu ‘localhost’.
c.       $username juga variabel untuk menyimpan user untuk mengakses database pada variabel ini kita masukkan nilainya adalah root. root merupakan default user name yang disediakan oleh mysql.
d.      $password adalah variabel yang kita sediakan untuk menampung data password. pada kesempatan ini passwodrnya saya kosongkan kareana hak akses untuk root di komputer saya tidak terpassword.
e.       $dbname merupakan variabel yang disediakan untuk menampung nama database yang telah dibuat pada awal tadi yaitu belajarphp
f.       $koneksi merupakan juga variabel yang digunakan untuk menyimpan perintah koneksi di php ke mysql.
g.      $konek_db digunakan untuk menampung nama database yang akan digunakan.
h.      Syntax if dan selanjutnya merupakan kode program untuk menampilkan peringatan berhasil atau tidaknya koneksi yang kita lakukan. echo digunakan untuk menuliskan kalimat diantara dua tanda petik setelahnya.
i.        Setelah kita ketikkan kode program diatas kita simpan notepad tadi di tampat installasi XAMPP. jika di komputer saya XAMPP nya terletak di C:\xampp nah di folder tersebut cari folder lagi yang bernama htdocs dan buatlah sebuah folder didalamnya untuk menampung data data pemrograman kita. di komputer saya yaitu C:\xampp\htdocs\belajarphp. yang perlu diperhatikan lagi adalah ketika menyimpan file notepadnya simpan dengan file extensi .php,  simpan dengan nama koneksi.php.
j.        Langkah selanjutnya adalah buka web browser dan pada address barnya ketikkan localhost/belajarphp/koneksi.php jika tidak ada kesalahan akan muncul seperti gambar dibawah ini.
k.       Nah sampai disini kita sudah berhasil membangun koneksi antara php dengan mysql.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar